Muhammad Teladanku

Muhammad  Teladanku

Sabtu, 08 Mei 2010



Setahun lalu ,saya membeli buku Muhammad Faudzil Adhim yang berjudul "Positif Parenting" di sebuah toko buku di bilangan jakarta timur. Memang menjadi kebiasaan saya ketika pergi ke toko buku, ketika menemukan buku yang memang saya butuhkan dan "nati akan saya butuhkan" selalu saya beli, walaupun dengan uang yang minim di kantong. Sehingga saya hanya berpikir , yang penting masih ada sisa untuk ongkos.....

Buku tersebut pun saya baca kurang lebih 1 hari. Memang sejak mengenal dunia menulis blog di dunia maya, saya semakin menemukan informasi2 yang memang saya butuhkan dan menginspirasikan saya untuk menulis. Karena memang sudah lama setelah menikah saya jarang dan enggan untuk browsing dll.

Singkat cerita, buku karangan bapak Faudzil Adhim ini begitu banyak membuka jaringan2 otak saya sehingga membentuk cabang2 yang membuat khasanah berpikir saya terbentang luas tak terhingga...Subhanallah..( bukan lebay loh...:)). Walaupun sebelumnya memang saya sangat tertarik untuk dunia beli membeli buku2, saking merasa semua buku harus saya miliki. walaupun dari buku2 yang sudah saya beli tersebut hanya 30 % yang saya baca serius.Sisanya saya pakai ketika ada sesuatu yang saya cari dalam buku tersebut sehingga tak repot2 pergi ke perpustakaan.

Kembali dengan cerita membaca buku 'positif parenting'nya Faudzil Adhim, bahwa memang benar2 buku ini menginspirasi saya untuk melakukan banyak hal dalam hal sebagai seorang muslimah yang menjadi ibu bagi anak2nya dan istri bagi suaminya. Saya bersyukur kepada Allah telah memberikan jalan kepada saya dalam menemukan peluang2 yang luar biasa. Dengan tidak mengurangi rasa hormat pun, saya mengucapkan jazakallah kepada pak Faudzil Adhim, semoga allah memberikan barokah dan balasan kebaikan untuk bapak dan keluarga.....amin

Antara lain :
1. Menjadi orang tua yang memiliki kesadaran lebih dalam hal amanah yang Allah berikan berupa anak2 ....
2. Memiliki kesadaran dalam hal bersikap terhadap anak2 yang dimilki, dan yakin akan ketentuan Allah akan berapapun jumlah anak dengan memiliki perasaan ikhlas tanpa beban sedikitpun
3. Menyadari bahwa sebagai orang tua , adalah pelaku pertama dalam hal investasi, karena orang tua sebagai penanam modal sebuah peradaban manusia. Sehingga dalam menanam modal pun harus memiliki tauladan untuk anak2. Khusus untuk saya sebenarnya tentang televisi. Dalam buku ini jelas sekali tentang pengalaman beliau tentang mendidik anak tanpa televisi. Dan beliau memberikan gizi yang sangat banyak untuk investasi buku-buku untuk anak2nya....
( Dan point inilah yang membuat pikiran saya terbuka lebar tentang arti investasi nilai / moral bagi anak-anak melalui buku2 bacaan yang bergizi ). Dan sekarang pun saya semakin yakin bahwa memang sedari dini anak-anak kita harus selalu diberi 'makanan otak' yang bergizi dalam bentuk buku-buku..... Hal ini pun yang membuat saya mencari tahu ttg 'buku2 yang bergizi" , dan akhirnya saya sampai pada titik keputusan yang saya sendiri dulu heran jika teman saya membeli buku paket sampai dengan angka "jutaan rupiah".Dan hal itu terjadi juga dengan diri saya, ketika mendapati perbincangan dengan seorang teman, yang memiliki buku ttg Rosululah yang membuat anak2nya tertarik untuk mendengar dan membacanya. Dan saya pun langsung merespon dan menanyakan dimana mendapatkan buku2 tsb dan meminta untuk mendatangkan orang untuk memperlihatkan buku tersebut kepada saya. Yang akhirnya saya membeli buku paket tersebut dengan paket2 tambahan lain seharga 5 juta keaatas. Wah saya sendiri seolah tak percaya , namun keinginan saya untuk berubah dalam hal pengasuhan dan investasi pemikiran, nilai dan moral anak yang membuat pikiran saya tentang manfaat buku2 tersebut untuk jangka yang panjang. Sehingga saya segera untuk bersikap dan berubah pola pikir. Sehingga saya berusaha mengejar ktinggalan2 saya dalam hal bacaan buku untuk anak. Memang sejak menikah dan memiliki anak pertama saya sering membeli buku anak2. namun kadang karena bahan kertasnya mudah robek, koleksi buku tersebut pun tak cukup awet. Namun setelah sekarang saya tahu manfaatnya dalam hal membeli buku paket yang terbuat dari bahan yang tak mudah robek, anak2 pun menjadi tahu cara membuka bukunya dan tidak mudah merobek bagian2 lembarnya.
4. Setelah membaca buku ini , wawasan saya tentang dunia parenting terbuka lebar, dengan bergabung dengan dunia buku, bertemu orang2 hebat dalam hal pengalaman2 meraka tentang pengasuhan anak2, mindset yang semakin positif dll.
5. Buku ini juga memberikan referensi tentang buku2 yang perlu dibaca untuk perluasan wawasan.
6. Dan dengan membaca buku ini dalam satu hari kurang lebih tidak sampai 2 jam, membuat saya semakin percaya diri untuk dapat membaca cepat dengan tanpa ada rasa bosan terhadap isinya. Justru dengan kalimat2 yang mengalir dalam tulisan beliau semakin membuat saya untuk terus membacanya lembar demi lembar buku ini hingga selesai.

Mudah2an memberikan inspirasi.....
Wallahu 'alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar