Muhammad Teladanku

Muhammad  Teladanku

Minggu, 14 Desember 2008

Pelajaran hidup

Kejadian 'kemarin' , benar-benar di luar dugaanku dan menyadarkanku kembali.

Tak kusangka usaha klarifikasi yang aku tanyakan kepada rekanku membuat dirinya merasa dipojokkan, dituduh, dan membuat dirinya kesal, padahal kami hanya berbicara berdua dan sama sekali tak pernah aku katakan kepada teman yang lain ttg masalah tsb. Responnya pun tak terlihat di depan mataku, namun belakangan kutahu dari rekan yang lain.

Sebuah sikap di luar dugaanku, dan responnya pun menjadi menutup akses untuk pembicaraan secara dewasa dan fair. Dan yang membuat aku terkejut adalah prasangka yang menyatakan bahwa aku berada pada posisi memusuhi bukan sebagai teman.....( aku tersentak...mmm selama ini berarti aku memang tidak dianggap teman, karena menurutku pertemanan itu tidak memiliki prasangka, kalaupun ada kesalahpahaman, paling tidak ada cek n risek alias klarifikasi )

Mungkin ini sebagai pelajaran bagiku untuk lebih hati-hati dalam pengolahan kata-kata dalam usaha klarifikasi.Aku berbaik sangka mungkin ada yang salah dalam pengucapan kata-kata, yang memang kadang2 aku terlalu to the point dalam hal klarifikasi.

Kuselami lagi kondisi menyeluruh tentang temanku itu, tipe perempuan yang sangat sensitif....

aku bisa pahami dan maklum.

***

thanks to mr Ray , yang telah bersikap terbuka dalam menyampaikan pandangan dan klarifikasi terhadap sikap  saya. Memang yang dibutuhkan pada saat sekarang ini adalah sikap keterbukaan, tidak alergi terhadap perbedaan, saling memahami satu sama lain.

***

Satu hal hal lagi yang saya aneh terhadap lingkungan ini, adalah selalu mengkorfirmasi bukan pada orangnya langsung, tapi dijadikan bahan pembicaraan bersama(alias gosip), sehingga ketika diajak 4 mata untuk berbicara tidak siap dan merasa akan disalahkan.....sungguh aneh...

kupikir apa yang sebenarnya diinginkan....mengeluh tapi tidak berpikir pada solusi mengatasi masalah, yang ada hanya untuk memperlebar masalah dan memperbanyak musuh.......lagi2 aku berpikir ...inikah potret masyarakat Indonesia sekarang ...?

wallahu 'alam

*** 

terus semangat,optimis, dan positif thinking!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar