Muhammad Teladanku

Muhammad  Teladanku

Sabtu, 29 November 2008

Ada Apa dengan Bimbingan Konseling

Mengapa aku pilih jurusan Bimbingan Konseling ?

Alasan pertama

Kadang milih sesuatu karena kita membutuhkan itu 

yup saya memiliki hal yang ada dalam diri saya yaitu sebuah "masalah"

kedua, waktu kelas 2 sma sempet kepikiran pengen masuk psikologi., kata kunci ortu : cari kuliah ga jauh-jauh kuliahnya dengan biaya terjangkau.

ketiga Kelas 3 sma : ku ikut bimbel NF. di sana ternyata ada bimbingan psikologinya,.....

Dari penuturan dan penjabaran dalam sessi itu saya tertarik sekali dan timbul link link pikiran saya untuk berfikir :"kenapa pelajaran BK(baca;BP) di sma ga kaya gini ya ?" wah kayanya aq harus buat terobosan baru nih...."

by the way ..... waktu kelas 1 sma aq memang sudah berniat masuk jurusan sosial, karena awalnya aq ga suka pelajaran eksak, aq lebih ingin belajar memahami ttg manusia. Yang kebetulan dulu sempet liat buku sosiologi antropologi kaka kelas 2 A3.masuk bio aq ga suka dengan pelajaran menghapal nama ilmiah ttg tumbuhan dll. walau sempat juga aq tertarik dengan kimia. 

alhasil kenaikan kelas 2 kupilihlah jurusan A3 alias jurusan sosial walau nilai raport bisa memenuhi masuk kelas FIS and BIO( sekarang kelas IPA ), tapi aq punya tekad kuat untuk ttp masuk sosial.Dan akhirnya aq masuk kelas Sosial (sekarang IPS )yang bener - bener seru kehebohan dan kenakalannya...:) apalagi waktu pelajaran Bimbingan Konseling(baca:dulu Bimbingan Penyuluhan?BP), temen2 sekelasku hampir semuanya keluar paling yang tersisa cuma anak perempuan dan sedikit yang laki2.pelajarannya garing gitu deh...( wah pikiranku mulai berbicara.....ehm coba pake metode bimbingan yang di NF...)

Nah yang keempat

Waktu kelas 1 sma sempet diadakan tes IQ , ttg IQ and minat bakat kita ke jurusan apa kita nanti di kelas 2( mungkin sekarang penjurusan mulai kelas 2 sma)

Nah saya liat dan mengamati guru BK kelas 1 itu membagikan hasil test IQ dengan sikap yang berbeda u anak yang milih jurusan eksak(FIS ,BIO) dan sosial. KAlo untuk anak yang fis bio tampangnya sumringah banget ngasih hasilnya....tapi untuk membagikan hasil bagi yang milih ips seperti sambil lalu saja...saya sempet kecewa dan berpikir kok begitu ya ? ada apa gerangan dengan anak-anak sosial ? apa yang salah dengan jurusan SOSIAL ini , ada apa dengan orang-orangnya ? bukankah semua bidang ilmu itu bagus ...tapi kenapa ada pembedaan yah...ehm mm ( dulu...saya selalu berpikir.....mmh pasti ada yang mis or salah paham en salah kaprah nih...,ceile ..)

yang kelima

Pelajaran BP pada saat itu kurang menarik! kita hanya disuruh ngisi modul saja dan jarang sekali guru bersemangat dalam memotivasi siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya...

jreng...

Dan Allah memang memberikan jalan.. lewat guru BK juga sie...

Awalnya iseng2 nanya ke ruang BK ada kesempatan untuk ikut PMDK , tadinya sempet pengen masuk jurusan Psikologi UI, tapi ya itu tadi saya merasa ga Pd untuk masuk sana, apalagi saya inget 'kt kunci ortu' murah dan dekat.Alhamdulillah ada yaitu IKIP JKt...( nasibmu IKIP....calon pencetak guru yang kini sudah berubah menjadi UNJ......)

dan saya pilih jurusan BIMBINGAN KONSELING . yang pada saat itu kayanya sie temen 2 jarang yang mau masuk IKIP ( mungkin tidak bergengsi ...jadi guru pula...cape deh..:) ). Ditambah lagi jurusan yang saya ambil...jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING ...

APA TUH ?????banyak orang yang menayakan itu...pas dijelasin ...Ooh oh GURU BP ...KOK MAU SIH ? ????

Singkat cerita akhirnya saya ambillah kesempatan PMDK itu, lumayan kalo lulus khan itung2 ga usah repot2 belajar lagi or ikut bimbel untuk lulus UMPTN.asyiknya.....

Alhamdulillah dapatlah kesempatan itu.......( saya jadi ingat ttg buku the secret ....apa yang kita inginkan dan usahakan yang kita tanamkan di pikiran kita ternyata bisa terwujud , Subhanallah)

selanjutnya bersambung......